Home » , , » Pengertian RSS dan Cara Menggunakannya

Pengertian RSS dan Cara Menggunakannya

Definisi RSS dan Fungsinya

RSS adalah singkatan dari Really Simple Sindication, Yaitu sistem yang memungkinkan anda mendapat UpDate Artikel terbaru dari sebuah situs yang anda sukai yang akan dikirimkan langsung ke anda dengan berbagai cara. Sebelum mengenal RSS orang atau mungkin anda yang ingin tau Artikel terbaru dari sebuah situs dan ingin mengupdatenya harus Mem-bookmark Situs tertentu dan harus mengeceknya setiap saat agar tidak ketinggalan sebuah Update Artikel Terbaru.
Tentu ini akan sangat merepotkan karena belum tentu anda akan menemukan Artikel Terbaru dari sebuah situs setiap kali anda mengecek dan membukanya. Namun dengan menggunakan RSS anda akan diberi kemudahan untuk mendapatkan Update Artikel dari sebuah situs dengan hanya mendaftarkan diri dan secara otomatis setiap ada Postingan Artikel terbaru dari sebuah situs yang anda ikuti melalui RSS akan langsung dikirimkan sesuai kehendak anda, baik melalui email atau yang lainnya.

Cara Menggunakan RSS

Tentu setiap anda Searching dan Browsing lalu anda masuk kesebuah Situs atau Blog mungkin anda pernah menemukan sebuah Lambang Berwarna Orange dengan Beberapa Garis Lengkung Putih di dalamnnya dan Bertuliskan RSS. Nah Itulah lambang dari RSS. Meski sekarang sudah banyak sekali desain lambang RSS namun kurang lebih gambarannya seperti itu. Atau anda juga bisa melihat di akhir postingan saya ada sebuah kolom yang bertuliskan Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website  nah itu adalah salah satu jenis RSS, jika anda ingin mendapatkan Update Artikel terbaru dari Blog ini silahkan masukan email anda dan subscribe maka sistem kami akan Mengupdate dan  mengirimkan Artikel terbaru langsung ke email anda (Promosi Dikit, hee).

Namun tidak semua RSS memiliki Prosedur  seperti apa yang saya Miliki dengan hanya tinggal Mengetik email anda secara langsung, berikut akan saya jelaskan cara lainnya. Jika anda menemukan Lambang RSS dan tidak ada perintah untuk memasukan email anda seperti yang saya miliki kemungkinan caranya adalah sebagai berikut. Cukup klik RSS button atau link yang terdapat di halaman situs/blog tersebut. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman "Current Feed Content" (kalau RSS yang digunakan adalah FeedBurner). Di halaman ini terdapat banyak pilihan RSS Reader, Anda tinggal memilih mana yang dikehendaki. Sebaiknya gunakan yang paling familiar bagi Anda karena akan lebih mudah penggunaannya, misalnya Add to Google atau My Yahoo!.

Untuk sekedar Contoh, jika anda memilih My Yahoo klik Tombol My Yahoo lalu Pilih Subscribe. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman My Yahoo lalu akhiri dengan Meng Klik Add To Yahoo, Selesai. .

Langganan RSS Lewat Email

Selain Cara yang bisa anda lakukan di Blog saya dengan hanya mengetikan email di Kotak yang disediakan, anda juga perlu tau cara berikut karena tidak semua Blog memiliki RSS seperti saya (agak bangga dikit, hee). Berikut caranya, klik RSS button di blog/situs yang ingin Anda subscribe. Lalu pilih "Get delivered by email". Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman "Email Subscription Request". Masukan alamat email Anda dan huruf anti spam di kolom yang disediakan, lalu klik tombol "Complete Subscription Request". Beberapa saat kemudian FeedBurner akan mengirim email verifikasi ke alamat email yang Anda masukkan tadi. Buka email tersebut dan klik link verifikasi yang disertakan. Selesaiiii...

Itulah sedikit penjelasan saya tentang RSS, Mohon maaf bila ada sedikit kesalahan, karena saya belajar secara otodidak jadi mungkin ada sedikit pemahaman saya yang salah. Bila seperti itu saya mohon kepada para Webmaster yang lewat di blog saya untuk meninggalkan komentar dan sarannya agar bisa membuat pengetahuan saya lebih baik. .

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

6 comments:

r10 said...

aku biasanya langganan via "like" facebook... kalau buka google reader, dan semacamnya malas

Andie Sharing And Download said...

Iya terimakasih atas sarannya dari r10

Berbagai Info said...

Good Article. i Like This. thanks Sir. dear.

Unknown said...

mksh kng info ny., nwbi h he

Hermansyah said...

oke deh saya baru faham tentang RSS makasih bnyak ya atas info nya
http://tips-kecantikann.blogspot.com/

Anonymous said...

Siipp dech

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda disini!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Andie Sharing and Download - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger