Home » » HAKIKAT & RUANG LINGKUP ISBD (UNIGAL)

HAKIKAT & RUANG LINGKUP ISBD (UNIGAL)


HAKIKAT & RUANG LINGKUP
ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR (ISBD)

Pengelompokan Ilmu Pengetahuan
a.  Ilmu Alamiah (natural sciences)
b. Ilmu Sosial (social sciences)
c. Pengetahuan Budaya (the humanities)

HAKIKAT ILMU SOSIAL DASAR & ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Sosial Dasar :
Mata kuliah ISD  adalah upaya untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial, sehingga daya tangkap, persepsi, dan penalaran mahasiswa terhadap lingkungan sosial meningkat, dengan demikian kepekaan sosialnya pun bertambah.
Tujuan Ilmu Budaya Dasar :
Mengembangkan kepribadian mhsw dengan cara memperluas wawasan pemikiran dan kemampuan kritikal thd masalah2 budaya, shg daya tangkap, persepsi, dan penalaran budaya mahsw menjadi halus dan manusiawi
Dasar : SK Dirjen Dikti No. 44/2006
sebagai Mata Kuliah integrasi dari ISD dan IBD, ISBD memiliki kompetensi dasar :
“ menjadi ilmuwan yang profesional, yakni yang berpikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah, berwawasan luas, etis, serta memiliki kepekaan dan empati thd solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif”
ISBD sebagai Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Yakni kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dlm berkarya

VISI KELOMPOK MBB :
Merupakan sumber nilai dan pedoman bagi penyelenggaraan program studi, guna mengantarkan mhsw memantapkan kepribadian, kepekaan sosial, kemampuan hidup bermasyarakat, pengetahuan ttg pelestarian, pemanfaatan SDA dan lingkungan hidup, dan mempunyai wawasan ttg perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
MISI KELOMPOK MBB DI PERGURUAN TINGGI :
Membantu menumbuhkembangkan daya kritis, daya kreatif, apresiasi, dan kepekaan mahasiswa thd nilai-nilai sosial dan budaya demi memantapkan kepribadiannya sebagai bekal hidup bermasyarakat selaku individu dan mahluk sosial yg memiliki sifat :
1)      Bersikap demokratis, berkeadaban, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, bermartabat, serta peduli thd pelestarian SDA & lingkungan hidup.
2)      Memiliki kemampuan utk menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
3)      Ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah sosial budaya dan lingkungan hidup secara arif.


STANDAR KOMPETENSI
“berpikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis, memiliki apresiasi, kepekaan dan empati sosial, bersikap demikratis, berkeadaban, dan menjunjung tinggi nilai kemampuan, memiliki kepedulian thd pelestarian LH, mempunyai wawasan ttg perkembangan ipteks, sehingga dpt ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah-masalah sosial, budaya, dan lingkungan hidup secara arif”

Substansi kajian ISBD (SK Dirjen Dikti No. 30/2003, tentang Rambu-rambu Pelaksanaan MBB di Perguruan Tinggi Indonesia)
a)            Pengantar ISBD
b)            Manusia sebagai makhluk budaya
c)            Manusia dan peradaban
d)            Manusia sebagai makhluk individu dan sosial
e)            Manusia, keragaman, dan kesederajatan
f)             Moralitas dan hukum
g)            Manusia, sains dan teknologi
h)            Manusia dan lingkungan

ISBD sebagai Program Pendidikan Umum ( general education ) :
Sebagai kelanjutan dari pendidikan menengah, Perguruan tinggi diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yg memiliki kemampuan akademik dan profesional, yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan ipteks.
Lulusan Perguruan Tinggi ( ilmuwan/akademisi maupun profesional, diharapkan memiliki jenis kemampuan yg meliputi :
  1. Kemampuan personal
  2. Kemampuan akademik
  3. Kemampuan profesional

a.    Kemampuan personal
adalah kemampuan kepribadian, dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukan sikap, tingkah laku, dan tindakan yg menerminkan kepribadian indonesia : memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan (Pancasila) ; memiliki pandangan yg luas dan kepekaan thd berbagai masalah yg dihadapi oleh masyarakat indonesia.
b.    Kemampuan akademik
adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tulisan; menguasai peralatan analisis, berpikir kritis, logis, sistematik, dan analitik; memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yg dihadapi, serta mampu menawarkan alternatif pemecahan.
c.             Kemampuan profesional
adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

Pendidikan umum merupakan studi (bidang kajian) yg membekali peserta didik berupa kemampuan dasar ttg pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai dasar kemanusiaan, sebagai makhluk Tuhan, sebagai pribadi, anggota keluarga, masyarakat, warga negara, warga dunia, dan sebagai bagian dari alam.



Sumber : Yagus Triadi
               Dosen Universitas Galuh Ciamis
               Mata Kuliah ISBD

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda disini!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Andie Sharing and Download - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger