Home » , , » Pengenalan Komputer dan Proses Kerjanya

Pengenalan Komputer dan Proses Kerjanya


Komputer atau sering disebut juga dengan PC atau Personal komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri atas Hardware dan Software. Namun dalam penggunaanya komputer dibagi menjadi 3 bagian yaitu Hardware, Software dan brainware. Hardware adalah perangkat keras komputer yang dapat diraba atau dalam bentuk fisik. Seperti Hardisk, Memory dll. 
Software adalah kebalikan dari Hardware yakni perangkat lunak komputer yang berfungsi menjalankan komputer dalam bentuk Program untuk memproses data. Misalnya seperti winamp yang mampu mengolah data audio sehingga komputer bisa mengeluarkan suara melalui speaker. Sedangkan Brainware adalah pengguna dari komputer tersebut. Ke 3 bagian ini tentu sangat penting dan berhubungan.

Komputer adalah alat pemroses data yang dapat digunakan untuk melakukan tugas-tusgas berikut :
- Menerima masukan (input) berupa data dan perintah
- Mengolah input dengan program yang tersimpan dalam memory
- Dan terakhir memberikan hasil (output) sesuai dengan tujuan pengolahan data tersebut


PROSES KOMPUTER MENGOLAH DATA

Data pada komputer diolah dan disimpan dalam bentuk digital atau bilangan biner. Digital hanya mengenal dua nilai saja, yaitu 0 dan satu. Yang berarti 0 adalah salah dan 1 adalah benar. Setiap 0 atau 1 disebut dengan istilah bit (binary digit). Sebagai contoh bilangan yang terdiri atas delapan nilai misalkan : 00010100 disebut dengan 8 bit sedangakn bilangan yang terdiri dari empat nilai seperti : 0110 disebut dengan 4 bit.
Dalam dunia digital terdapat dua basis satuan, yaitu definisi basis 2 dan basis 10. Pada basis 10 1 Kilo adalah 1000 sedangkan pada basis 2 berarti 210=1024. Definisi basis 2 banyak digunakan oleh industri software, sedangkan basis 10 banyak digunakan oleh industri hardware. Contonya saat anda membeli Hardisk 6,4 GB. Kapasitas Hardisk tersebut adalah 6,4 GB oleh industri Hardware, namun dalam kenyataannya hanya bisa menyimpan data sebesar 6 GB.
Pada saat pemrosesan data berlangsung, komputer mengetahui nilai digit dari tegangan listriknya. Tegangan rendah berarti 0 (off) dan tegangan tinggi  berarti 1 (on). Semakin besar ukuran sebuah data, semakin lama pula waktu yang diperlukan untuk mengolah dan mengirimkan data tersebut antar komputer (dalam jaringan).
Data digital ternyata sangat handal dan efisien dalam pengolahan data. Tak heran jika banyak informasi yang saat ini di ubah dari format analog (banyak nilai) menjadi digital (dua nilai), misalnya video (VCD, DVD) dan suara (CD Audio). Sebelum bisa diolah, data analog terlebih dahulu harus dikodekan kedalam bentuk data digital (digitize).

Sekian sharing saya mengenai pengenalan Komputer dan sedikit pejelasannya, kamu juga bisa mengetahui tentang sejarah internet dan sejarah virus komputer, klik disini.
Semoga Artikel ini bermanfaat, dan semoga kita bertemu di artikel selanjutnya. .
Jangan Lupa Komentarnya ya. .

  
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda disini!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Andie Sharing and Download - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger