Home » » 3 Dampak Negatif Pekerja IT dan Webmaster

3 Dampak Negatif Pekerja IT dan Webmaster

Memanglah tidak ada suatu pekerjaan yang tidak mengandung resiko, semua pekerjaan memliki resiko dan konsekuensinya. Jika mengutip pembicaraan seorang entrepreneur, “Jangan berbisnis kalau tidak ingin mempunyai resiko”. Hal ini memang benar menurut saya, kita harus berani mengambil resiko dalam setiap pekerjaan yang akan kita lakukan. Menjadi pegawai beresiko dipecat dan PHK. Menjadi seorang pengusaha beresiko bangkrut dan lain sebagainya. Tidak terkecuali para penjelajah dunia digital dan internet,
kebiasaan mereka yang banyak menghabiskan waktunya di depan gadget tercanggih saat ini yang kita sebut Komputer ini memang banyak memiliki dampak cukup negatife bagi para pelakonnya. Hal ini disebabkan Karena pekerjaan seperti ini perlu memiliki ketelitian dan ketekunan sehingga tidak bisa dilakukan hanya dengan berleha-leha atau santai. Seorang IT bisa menghabiskan lebih dari 1/3 Waktunya setiap hari hanya untuk mengotak atik KomputerSeorang Webmaster juga bisa melakukan hal serupa hanya untuk berselancar di dunia digital. Karena memang seperti itulah konsekuensi dari pekerjaan mereka. Tentu hal ini bisa menyebabkan beberapa hal negatif yang bisa merugikan mereka jika mereka tidak bisa menjaga pola pekerjaan mereka dengan baik.

Tentu juga hal ini saya sampaikan karena saya mengalami hal seperti itu, mungkin saya bukan seorang IT ataupun seorang Webmaster, bahkan saya belum bisa disebut seorang ahli komputer, saya hanya orang yang senang menggeluti bidang tekhnologi khususnya di dalam dunia komputer dan Internet. Dan seperti itulah juga yang saya rasakan, banyak sekali hal-hal yang mungkin berdmpak negatif bagi saya yang mungkin juga kurang saya sadari dan saya abaikan. Selain dampak fisik hal ini juga bisa menimbulkan dampak negatif di dalam hal psikologis. Dan berikut 3 dampak negatif yang saya alami selama saya menggeluti dunia digital komputer dan Neting yang kemungkinan besar juga dialami oleh para IT dan Webmaster juga anda. 

1.       1. Menjauh dari Kehidupan Lingkungan
Hal ini benar-benar saya rasakan, ketika kita sudah sangat nyaman dan sangat menikmati pekerjaan dibidang ini , ini sangat mungkin membuat pelaku pekerjaan ini sedikit demi sedikit mulai tidak sadar akan dampak negatifnya, salah satunya menjauh dari dunia luar atau lingkungannya. Hal ini disebabkan karena faktor pekerjaan mereka yang hanya mencakup antara Brainware, Hardware dan Sofware saja. Tentu ini tidak bisa diremehkan juga. Itu juga yang saya sangat alami, sebelum saya terjun kedunia ini atau belum terlalu menggeluti dunia digital ini, saya masih bisa berinteraksi dengan teman-teman dilingkungan saya, baik itu bermain bersama, jalan bareng ataupun hanya sekedar ngumpul bareng. Namun hal ini jadi berbanding terbalik setelah saya mulai jatuh cinta dalam dunia komputer dan internet, saya tanpa sadar mulai menjauh dan terus menjauh dari lingkunagn. saya terlalu asyik dengan kehidupan baru saya sehingga saya lupa kalau saya juga perlu berinteraksi dengan lingkungan. saya sendiri bahkan dalam seminggu paling bagus hanya 1 atau 2 x saya berinteraksi dengan teman-teman selingkungan saya sendiri. Itupun kalau ada kepentingan.

        2. Memiliki sifat Penyendiri
Orang yang bekerja dibidang ini juga memiliki kecenderungan sifat penyendiri, hal ini wajar saja karena mereka cenderung ingin fokus dalam setiap pekerjaanya sehingga tidak ingin ada gangguan dari oranglain yang mereka anggap bisa mengacaukan pikiran atau konsentrasinya. Ini juga bisa berlaku didalam lingkungan keluarganya sendiri. Seorang IT atau Webmater bisa menghabiskan banyak waktunya dalam sehari hanya seorang diri, entah didalam kamar atau ditempat yang menurut ia nyaman dalam melakukan pekerjaanya.

        3.  Terserang berbagai macam penyakit.
Kebiasaan pekerjaan ini yang kadang bisa banyak menghabiskan waktu dengan duduk saja dan melihat komputer sangat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satunya yang cukup banyak terjadi adalah penyakit gangguan mata. Sehingga hal ini sangat perlu diperhatikan sekali. Untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan pada mata gunakanlan kacamata dalam setiap penggunaan komputer. Bahkan juga sakit kepala karena terlalu sering berada depan komputer. Entah karena radiasi atau apa tapi itulah yang banyak terjadi.

Itulah sedikit ulasan saya tentang  dampak negatif pekerjaan seorang IT dan Webmaster. Tidak ada maksud dari saya untuk menakut-nakuti anda atau apa, saya hanya ingin berbagi pengalaman dengan anda yang saya harap bisa menjadi referensi yang baik untuk anda. tentu semua hal ini tidak akan terjadi jika kita sebagai pelaku usaha ini bisa berhati-hati dan bisa mengkondisikan pola pekerjaannya dengan baik. Demikian sharing tentang 3Dampak Negatif Pekerjaan IT dan Webmaster, semoga bermanfaat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

2 comments:

Ricdetop said...

Wah .. bahaya juga ya kalau sampai begitu ...

Posting yang bagus mas...

Admin said...

Ricddetop_Gak Juga si, asal kita bisa menjaga pola pekerjaan kita aja. .

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda disini!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Andie Sharing and Download - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger