Home » » Bagian-bagian Kamera Video Sony PD (170)

Bagian-bagian Kamera Video Sony PD (170)

Bagian-bagian kamera Video Sony (PD 170)
Hallo smoa, nah untuk pertemuan kali ini saya akan menjelaskan tentang Bagian-bagian kamera Video Khususnya Sony PD 170. Nah untuk teman-teman smoa yang ingin tau tentang info ini bisa lihat / belajar dari sini (saya juga masih belajar,heee..). Pengalaman saya di bidang broadcast membuat saya ingin berbagi ilmu dengan teman semoa. . Materi ini juga saya ambil dari beberapa sumber, , semua ini adalah materi yang saya ambil saat saya melakukan uji kompetensi terakhir di SMKN 1 rancah dulu.Nah untuk mempersingkat waktu kita mulai saja pelajaran kita kali ini,hee...

Sebelum saya menjelaskan Bagian-bagian kamera , alangkah lebih baik kita tahu dulu apa sich kamera video itu??
"Kamera video adalah perangkat perekam gambar video dalam mode digital dari mode gambar analog"
maksunya adalah , kamera video mampu mendigitalisasikan gambar analog untuk dirubah kedalam bentuk digital sehingga bisa dibaca oleh komputer.
Nah kalo Friends Smoa sudah pada ngerti pengertian dari kamera video, yuk kita lanjut ke Topik utama!!
Bagian-bagian kamera video sony PD 170 yang akan saya jelaskan ada 7 macam:
1. Lensa
2. Gelang Fokus, Zoom dan Diagfragma
3. LCD (Liquid Crystal Display)
4. VTR (Video Tape Recorder)
5. View Finder
6. Microphone
7. Baterai

1. Lensa

lensa pada kamera video berfungsi sebagai alat penangkap gambar yang ada dihadapan kamera dan merupakan proses awal dari perekaman gambar.







2. Gelang Fokus, Zoom dan Diagfragma

- Fokus
   Berfungsi sebagai alat yang mampu menajamkan dan mengkaburkan objek sesuai kebutuhan. atau juga sebagai penentu objek (Objek jelas adalah objek utama).
- Zoom
   Bekemampuan memperbesar atau memperkecil objek bidikan dengan mengubah panjang fokal lensa dari sudut pandang sempit ke sudut pandang lebar atau sebaliknya. Zooming ada 2 gaya atau gerakan atau 2 gaya, Zoom in (Memepersempit luas pandang dan memperbesar objek)& Zoom Out (Memperlebar luas pandang dan memperkecil objek).
- Diagfragma
   Berfungsi mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke rana dan terdiri dari beberapa tirai yang berfungsi membuka dan menutup untuk mengatur cahaya yang masuk.
3. LCD (Liquid Crystal Display)

   LCD pada kamera video berfungsi sebagai tampilan yang banyak sekali fungsi dan gunanya. LCD dapat digunakan sebagai playback atau untuk memutar ulang hasil shoot video. Juga dapat digunakan sebagai acuan pada saat setting warna kamera dan juga sebagai alat yang menampilkan Icon-icon peringatan seperti power/baterry dll.





4. VTR (Video Tape Recorder)

   VTR sering kali juga disebut VCR atau Video Casset Recorder, yang mana fungsinya mampu merekam hasil shoot camera dalam bentuk casset (Khusus Untuk Sony PD 170 dalam bentuk casset Mini DV).





5. View Finder

   View Finder sering kali juga disebut sebagai jendela pelihat. yang berfungsi untuk melihat objek gambar yang akan di ambil. Warna yang dihasilkan view finder hanya ada 2 yaitu hitam dan putih, hal ini membuat banyak kameraman lebih suka menggunakan view finder untuk setting warna kamera karena di anggap lebih mudah. kita akan tahu apakah settingan kita sudah benar apa betul. karena tingkat kecerahannya terlihat jelas.



 
6. Microphone

    Microphone adalah sejenis alat input suara yang mampu merekam suara dari luar untun direkam nantinya bersma video didalam VTR.
7. Dikarenakan kamera Video Sony PD 170 adalah kamera yang sering digunakan di luar ruangan (out door) maka baterai sangat diperlukan sebagai daya listrik kamera.






7. Baterai

Sony PD170 Merupakan kamera yang sering digunakan diluar ruangan (outdoor), shingga baterai sangat diperlukan untuk sebagai daya listrik apabila kita menggunakan kamera ini diluar!! Letaknya dibagian belakang kamera yang mempunyai slot slot shingga baterai mampu menempel pada kamera.



Dari semoa itu saya mengambil kesimpulan bahwa kamera video khususnya  Sony PD 170 adalah perangkat perekam gambar yang mampu menyimpan gambar digital dari mode gambar analog. dan memiliki banyak bagian yang tiap bagiannya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya jelaskan. Semoga bermanfaat dan semoga kita dapat bertemu lagi di andyhiday.blogspot.com di laen materi.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

2 comments:

kode said...

makasi bang atas infonya!!!

Anonymous said...

pd kuwi opo bro

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda disini!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Andie Sharing and Download - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger