Home » , , » Tips Membuat Lagu yang Berkualitas

Tips Membuat Lagu yang Berkualitas


Pernahkah kamu merasa sepi ? Pernahkan kamu merasa tidak ada yang memperdulikan kamu lagi ? atau mungkin kamu galau saat ini ?
Bila kamu adalah orang yang kreatif dan cerdas, terutama berjiwa seni, kamu boleh saja sedih dan berduka , tapi apabila kamu jeli dengan keadaanmu, keadaannmu yang menyedihkan itu akan menjadi sebuah anugerah yang
luar biasa bahkan bisa menjadi pengobat kesedihan kamu dengan sendirinya. Gak percaya ? Pengen tau gimana caranya ?

Buatlah sebuah LAGU yang menceritakan keadaanmu, tidak harus selalu saat kamu dalam keadaan sedih atau down, saat kamu bahagia dan merasa senangpun itu akan sangat bisa menjadi sebuah alunan nada yang indah dan enak didengar. Maksudnya adalah , jika kamu ingin membuat sebuah lagu yang indah dan enak untuk didengar, buatlah lagu yang mampu membangkitkan rasa emosional pendengarnya, buatlah seolah-olah si pendengar ikut terhanyut dalah setiap lirik dari lagu yang kamu buat. Saat lagu kamu menceritakan kesedihan, secara tidak langsung pendengarpun merasa ikut hanyut dalam kesedihan, saat kamu melantunkan nada bahagia, pendengarpun akan merasa ikut bahagia. Itulah Lagu yang BERKUALITAS

Untuk membuat hal itu tidak bisa dilakukan dengan cara mengarang lirik seperti membuat sebuah cerpen atau pantun, mungkin bisa tapi kebanyakan cara ini kurang efektif. Mengapa demikian ? karena saat kamu membuat lagu yang menceritakan keadaan kamu yang sedang kamu alami, secara otomatis lirik-lirik yang keluarpun akan mengalir secara alami bahkan penuh penghayatan, sehingga akan menghasilkan Lagu yang berkualitas yang mampu membuat para pendengarnya merasa terhanyut dan terpancing rasa emosionalnnya.  Dengan sendirinya uga nada dan irama akan melintas dipikiranmu. Beda pada saat membuat lagu yang menggunakan cara mengarang BEBAS, kamu akan kesulitan untuk mengeluarkan lirik lirik indah bahkan terkandang terkesan kurang enak di dengar.

Jika kamu tidak mempunyai cerita bagus atau perasaan yang ingin kamu tuangkan kedalam lagu, Cara selanjutnya adalah dengan mengambil dari cerita oranglain, Contoh : kamu punya teman yang sedang galau, dia menceritakan semua masalah yang ia hadapi kepada kamu. Jangan kamu tertawa atau menghiraukan omongannya, buatlah itu sebagai momentum ide atau inspirasi untuk lagu yang akan segera kamu ciptakan, dengarkanlah omongannya secara baik-baik dan save di otak kanan mu, cobalah seolah kamu merasakan apa yang ia rasakan saat itu. Dengarkan setiap bait ucapan yang ia keluarkan dan jadikan sebuah bait lagu yang indah yang akan kamu hasilkan.

Alasan ini sangat berdasar, banyak sekali lagu-lagu yang kadang nadanya enak, tapi liriknya gak pas dikuping. Itu bukan bualan, itu fakta yang terjadi dibanyak pencipta lagu di Indonesia, sehingga saat kita mendengarkan lagu tersebut, banyak sekali kata-kata yang rancu ditelinga, tentu itu membuat kita tidak nyaman.

Tapi cara ini hanya efektif pada lagu jenis Pop, Slow dan Melow, biasanya aliran Rock, Metal, apalagi Underground tidak terlalu memperhatikan ini bahkan mungkin tidak dipakai, namun untuk jenis Slow Rock ini juga cukup sangat diperlukan.

Jadi buatlah lagu dengan lirik yang indah yang baik , yang keluar dari hati baik kamu maupun orang lain sehingga menghasilkan lagu dengan lirik yang indah dan berkualitas.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

3 comments:

Obat Penyubur Kandungan said...

Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi menarik tentang tekhnik dan cara membuat lagu adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami... teruslah berbagi informasi

Unknown said...

thanks mas brooo

M.Dejar said...

Thanks Guys..!!

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda disini!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Andie Sharing and Download - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger